Cara Mengisi TB03 Elektronik Modif

Sebelum mulai mengisi Data di TB03 Elektronik, pastikan Komputer dan Microsoft Excel telah diatur atau disetting sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan. Bila belum dilakukan setting klik disini untuk mengetahui caranya.

Copy file Master TB03 Elektronik ke folder yang diinginkan. Ganti nama file dengan nama yang sesuai dengan ketentuan, sbb : NamaKab/KotaSpasiTahunSpasiTriwulan. Misalkan nama kab/kota NGASTINA, Tahun 2013, Triwulan 1, maka nama file akan menjadi NGASTINA 2013 TW 1.

Buka file TB03 Elektronik. Sheet pada TB03 Elektronik terdiri dari : INFOKUNCI, REGISTER TB03, TB07, TB08, TB11, REKAP TB07 SEMUA PASIEN, REKAP BTA POS BARU, REKAP TB-HIV, REKAP TB08 POS BARU, REKAP TB08 KAMBUH, REKAP TB08 NEG BARU, REKAP TB11 POS BARU, REKAP TB11 KAMBUH, INDIKATOR dan TB13.

Pengisian data hanya pada sheet INFOKUNCI, REGISTER TB03 dan TB13. Untuk sheet yang lain akan terisi data secara otomatis, kita hanya mengisi nama dan NIP saja (untuk sheet TB07, TB08 dan TB11).

A. Pengisian Sheet “INFOKUNCI”

1 isi tb03

Isi semua data pada cell yang berwarna :

  1. Nama Wasor : isikan nama wasor yang mengerjakan pelaporan ini.
  2. Triwulan : isikan triwulan pelaporan dengan memilih pada droplist yang ada yaitu : 1, 2, 3 dan 4.
  3. Tahun : isikan tahun pelaporan dengan memilih pada droplist yang ada.
  4. Bulan : isikan tahun pelaporan dengan memilih pada droplist yang ada, yaitu : Januari, April, Juli dan Oktober. Cell disebelah kanan tulisan “s/d” akan terisi secara otomatis sesuai dengan pilihan bulan pelaporan.
  5. Propinsi : isikan dengan nama propinsi (sebaiknya menggunakan huruf capital semua).
  6. Kabupaten / Kota : isikan dengan nama Kabupaten atau Kota (sebaiknya menggunakan huruf capital semua).
  7. Nomor Kode Kabupaten / Kota : isikan dengan Kode Kabupaten / Kota (bisa ditanyakan ke dinas kesehatan propinsi).
  8. Jumlah UPK Pelaksana DOTS : isikan jumlah UPK pelaksana DOTS baik itu Puskesmas, Rumah Sakit, DPS, Lapas atau bila ada Workplace.
  9. Jumlah seluruh UPK dalam Kabupaten/Kota : isikan jumlah seluruh UPK atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang ada diwilayah Kabupaten/Kota. Tekan Enter.
  10. Setelah nomor 1 – 9 terisi, klik CommandButton “Tambah Baris UPK”.
  11. Lengkapi data Nama UPK sesuai dengan ketentuan.
  12. Isi data jumlah suspek yang diperiksa. Sebaiknya ditulis =x1+x2+x3, misalnya suspek pada bulan Januari = 15, Pebruari = 10, dan Maret = 20, maka penulisannya =15+10+20. Hal tersebut dapat membantu wasor dalam mengetahui jumlah suspek per bulan untuk masing-masing fasyankes.
  13. Isi data jumlah penduduk sesuai dengan tahun pelaporan.

2 isi tb03

B. Pengisian sheet “REGISTER TB03”

3 isi tb03

4 isi tb03

5 isi tb03

6 isi tb03

  1. Tanggal Register : isikan tanggal saat registrasi pasien TB dengan menggunakan format Tanggal/Bulan/Tahun. Misalnya, 2/01/13, setelah klik enter maka tampilannya 02-Jan-13.
  2. Nomor Register TB Kab : isikan nomor register pasien TB sesuai dengan urutan saat entry data. Untuk pasien dengan Tipe Pindahan berikan nomor sesuai dengan Nomor Register dari tempat asal.
  3. Nama Lengkap Pasien : isikan nama lengkap pasien TB.
  4. Jenis Kelamin : pilih “L” atau “P” sesuai dengan jenis kelamin pasien.
  5. Umur : isikan umur pasien. Umur harus diisi tidak boleh kosong. Pengisian umur tidak boleh menggunakan bilangan desimal. Harus dibulatkan ke bawah. Misal umur 3 tahun 6 bulan ditulis 3. Kecuali umur pasien dibawah 1 tahun ditulis “1” bukan “0”. Misal umur pasien 11 bulan maka ditulis 1.
  6. Alamat Lengkap : isikan alamat lengkap bila diperlukan bisa disesuaikan dengan Kartu Tanda Pengenal. Alamat yang lengkap akan sangat berguna bila pasien mangkir untuk dilakukan pelacakan.
  7. Nama UPK : isikan nama Fasilitas Pelayanan Kesehatan sesuai droplist. Daftar nama UPK sesuai dengan input pada sheet INFOKUNCI.
  8. Tanggal Mulai Pengobatan : isikan tanggal pasien memulai pengobatan TB dengan menggunakan format Tanggal/Bulan/Tahun.
  9. Rejimen yang diberikan : pilih sesuai dengan droplist. Terdapat pilihan 1, 2, 3 dan 4. Sejak dimulainya SITT (Sistem Informasi Tuberkulosis Terpadu) untuk pilihan rejimen 3 sebaiknya diganti dengan dengan 1.
  10. Klasifikasi Penyakit : pilih sesuai dengan droplist yaitu “P” untuk Paru dan “EP” untuk Ekstra Paru.
  11. Tipe Pasien : terdapat beberapa tipe pasien yaitu “Baru”, “Kambuh”, “Pindahan”, “Defaulter”, “Gagal”, “Kronik” dan “Lain-lain”. Pilih salah satu saja.
  12. Pengisian kolom pemeriksaan dahak : isikan nomor register Laboratorium dan pilih hasilnya sesuai dengan pilihan pada droplist.
  13. Pengisian tanggal berhenti berobat : isikan tanggal pasien berhenti berobat dengan menggunakan format Tanggal/Bulan/Tahun.
  14. Pengisian data Kolaborasi Kegiatan TB-HIV : penulisan tanggal dengan menggunakan format Tanggal/Bulan/Tahun, tempat Tes HIV isikan dimana pasien dilakukan tes HIV, hasil tes pilih sesuai dengan pilihan. image
  15. Kolom Keterangan : diisi keterangan yang berhubungan dengan pasien.
  16. Kolom “Riwayat HIV” dan “Menerima PPK” : ketik angka sesuai pilihan yang tertulis di Header. Pada dua kolom ini tidak ada listdrop, jadi kita harus mengetik sesuai header.image

C. Sheet TB13.

Sheet TB13 tentang Stok OAT, harus diisi sesuai dengan stok yang ada pada akhir triwulan.

Dasar dari pengisian TB03 Elektronik adalah dari TB03 UPK. Sedangkan TB03 UPK berdasarkan TB01. Oleh karena itu pengisian TB01 harus lengkap dan benar.

Semoga bermanfaat …………….

2 thoughts on “Cara Mengisi TB03 Elektronik Modif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s