Mempersiapkan Data Uji Silang Metode LQAS dengan Microsoft Excel

Setelah teori tentang uji silang dengan menggunakan metode LQAS kita pelajari, saatnya membuat sebuah tabel yang berisi data laboratorium. Kita siapkan data laboratorium tahun lalu yang meliputi data sediaan slide positif, negatif dan jumlah seluruh slide. Tabel dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel.

LANGKAH-LANGKAHNYA :

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Buat tabel kesatu yang berisi data slide dari fasyankes di sheet1. Dicontohkan dengan jumlah fasyankes 3 dan data slide positif dan negatif seperti dalam gambar dibawah.image
  3. Buat tabel kedua tentang Pengambilan Sampling disebelah kanan tabel kesatu. Tabel ini berisi jumlah data sampel yang harus diambil sesuai dengan perpotongan SPR dan Jumlah Slide Negatif. Angka 1 sampai dengan 14 (mendatar) adalah SPR, 1=2,5%, 2=5,0%, 3=7,5% dst. Angka 1 sampai dengan 12 (menurun) adalah Jumlah Sediaan Negatif dalam 1 tahun, 1=100, 2=200, 3=300 dst. Penggantian nilai SPR dan Jumlah sediaan negatif dalam 1 tahun diperlukan untuk pembuatan rumus, tetapi mengurangi makna dari sebuah tabel.

    image

PEMBUATAN RUMUS UNTUK TABEL KESATU

  1. Rumus untuk menjumlahkan slide positif dan slide negatif. Tempatkan kursor pada cell E6, ketik “=C6+D6” lalu tekan Enter. Untuk cell E7 dan E8 bisa copy dari cell E6.
  2. Rumus untuk menghitung SPR. Tempatkan kursor pada cell F6, ubah Format cell dari General ke Percentage, ketik “=C6/E6”lalu tekan Enter. Hasilnya berupa nilai persentase yang sudah dibulatkan keatas. Agar nilainya terdapat satu angka dibelakang tanda koma (decimal) maka klik “Increase Decimal” satu kali. Untuk cell F7 dan F8 bisa copy dari cell F6.
  3. Sebelum membuat rumus untuk menentukan Jumlah Sampel per Tahun, diperlukan 2 buah rumus untuk menghubungkan antara tabel kesatu dan tabel kedua. Tulis “SPR” di cell M5 dan “Neg” di cell N5. Tempatkan kursor dibawah tulisan SPR atau di cell M6, ketik SPR   Tempatkan kursor dibawah tulisan Neg atau di cell N6, ketik Neg. Copy rumus di cell M6 ke cell M7 dan cell M8. Copy rumus di cell N6 ke cell N7 dan cell N8. Rumus ini diperlukan sesuai dengan jumlah Fasyankes yang ada.
  4. Rumus untuk menghitung Jumlah Sampel per Tahun. Tempatkan kursor pada cell G6, ketik “=INDEX($P$6:$AC$17,N6,M6)”. Copy rumus di cell G6 ke cell G7 dan cell G8.
  5. Rumus untuk menghitung Jumlah Sampel per Triwulan. Tempatkan kursor pada cell H6, ketik “=ROUNDUP((G6/4),0)”. Copy rumus di cell H6 ke cell H7 dan cell H8.
  6. Untuk kolom Jumlah Slide Triwulan ini, tuliskan jumlah slide (slide positif ditambah slide negatif) pada triwulan yang akan dilakukan uji silang.
  7. Rumus untuk menghitung interval. Tempatkan kursor pada cell J6, ketik “=ROUNDUP((I6/H6),0)”. Copy rumus di cell J6 ke cell J7 dan cell J8.

Hasilnya seperti gambar dibawah ini image

Catatan penambahan fasyankes dibawah fasyankes C sebaiknya jangan gunakan Insert Row karena akan merubah struktur tabel kedua.

Semoga bermanfaat………

REVISI

Setelah adanya Pertemuan Monev LQAS pada bulan September 2013, ada perubahan dalam menggunakan table untuk menentukan jumlah slide yang akan dilakukan Cross check.  Dulu, SPR dan Slide Negatif pada tabel dibulatkan keatas. Sekarang SPR dan Slide Negatif dibulatkan ke angka terdekat,

Langkah 5 LQAS

Contoh file yang sudah kami revisi bisa di download Hitung SPR Rev

2 thoughts on “Mempersiapkan Data Uji Silang Metode LQAS dengan Microsoft Excel

  1. Ping-balik: PELAKSANAAN UJI MUTU LABORATORIUM DENGAN METODE LQAS | rudi1671

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s